Home

02 November 2010

Alasan Banteng Membenci Warna Merah

Sering kali kita diingatkan untuk hati-hati jika berdekatan dengan banteng, bila mengenakan pakaian berwarna merah. Apakah warna merah tersebut yang membuat banteng marah? Nyatanya, banteng tidak dapat melihat dengan sempurna, karena Buta Parsial.
Yang membuat banteng terganggu adalah, karena seseorang melambaikan kain tepat di depan wajahnya. Dan pandangan terhadap warna adalah subyek yang menipu. Dalam pandangan, manusia memiliki batang mata yang sensitif terhadap cahaya, tetapi tidak menyediakan informasi mengenai warna. Tapi banteng punya, dan bekerja baik dalam cahaya redup atau gelap.

banteng dan matadorSeperti saat melihat pada malam hari, persepsi warna jadi buram karena gelap. Batang mata manusia dilengkapi tiga jenis sel kerucut, masing-masing sensitif terhadap panjang gelombang cahaya yang berbeda, gelombang merah, hijau, dan biru. Setiap warna yang kita tahu, dapat direpresentasikan sebagai kombinasi dari warna dasar tersebut.
Buta Parsial
Persepsi warna merupakan respon otak atas stimulus yang diterima oleh retina. Telah diidentifikasi 3 jenis sel fotoreseptor kerucut (yang diperlukan untuk dapat membedakan warna) yakni biru, hijau, dan merah. Dibutuhkan minimal 2 sel untuk dapat membedakan warna, dan pada penglihatan warna normal dibutuhkan ketiganya. Buta warna biasanya disebabkan oleh faktor keturunan. Dari faktor keturunan ini yang paling sering ditemukan adalah defek sel merah-hijau. Buta warna ini berkaitan dengan gen X resesif, jadi diturunkan oleh ibu (tidak harus mengalami buta warna, karena gen bersifat resesif) kepada anak laki-lakinya. Pada seseorang dengan buta warna parsial, dapat mengalami defek pada sel kerucut merah ataupun hijau sehingga tidak dapat mempersepsi warna tersebut dan turunannya, juga sulit membedakannya.
Penyebab banteng tidak menyukai kain warna merah itu karena sebenernya banteng itu terganggu lambaian kainnya, bukan warna kainnya itu sendiri. Banteng punya penyakit buta parsial atau buta warna. Namun karena matador memang sudah terbiasa memakai kain merah sebagai alat untuk aksinya melawan banteng, maka kita menganggap warna merah lah yang ngebuat si banteng ngamuk.

sumber: kaskus.us

13 comments:

aldy said...

Berarti si matador tidak harus menggunakan warna merah ya? andai menggunakan kain hitam, sibanteng tetap saja marah.

Mortgage said...

berarti bukan karena warna merahnya ya

agung budidoyo said...

kalo diganti pink gimana ya :D

Goyang Karawang said...

banteng kan buta warna ya :D

maminx said...

Ane baru tau dari kaskus klo banteng tuh buta warna, dan ya bener seperti postingan ini alasan banteng ngamuk tuh bukan karna ditakut-takutin ama warna merah :D

nice info

edda said...

oh gtu toh,,hahaha
trnyata melekat jg ya,,klo benteng benci warna merah jdnya

Reza Saputra said...

untung warna kesukaan saya hitam kak :D

Cerita Dewasa said...

Wah informasi yang sangat menarik. Tambah lagi ilmu saya, ilmu tentang buta parsial :D

farusganteng said...

selamat malam sobat........
salam BW....
:)

dedekusn said...

Menarik, berarti sebenarnya matador pake kain warna apapun banteng bisa ngamuk.
thanks infonya.

Piss said...

Info berharga, udah2an saja kita & keluarga tak pernah terjangkit penyakit buta warna hehe...
salam hangat!

ajundi14 said...

wah, kalau begini kasusnya berarti mirip ular cobra yah

Reza Saputra said...

kalau liat bendera pasti naik ketiang nih banteng