Home

29 November 2010

Hasil Buruk Akibat Dehidrasi

HASIL AKHIR - Hasil Buruk Akibat Dehidrasi - Beraktivitas dalam ruangan maupun di luar ruang memiliki satu persamaan, yaitu sama-sama membutuhkan asupan cairan yang mencukupi. Para ahli sudah sejak lama menganjurkan kita minum air putih minimal delapan gelas per hari atau setara dengan dua liter untuk menghindari hasil buruk akibat dehidrasi ini. Dengan Tujuan agar metabolisme tubuh menjadi baik, dan racun atau zat-zat tidak baik di tubuh bisa terbuang melalui keringat maupun air seni, seperti yang dikutip Health24.

Bagi kita yang bekerja di kantor dengan pendingin ruangan, sekalipun jangan lupa untuk meminum air putih secara rutin. Minimal bisa minum lima gelas atau satu setengah liter air perharinya. Meski AC sejuk, namun pendingin ruangan itu sebenarnya dapat mengurangi cairan tubuh secara cepat. Ruangan yang ber-AC biasanya memiliki kondisi kering. Sehingga secara otomatis tubuh kita mengeluarkan cairan melalui pori-pori kulit untuk membantu menjaga metabolisme. Belum lagi jika kita sering bolak-balik buang air kecil.
Jika kita kurang minum, maka bisa berpotensi mengalami Dehidrasi. Adapun arti dehidrasi adalah kondisi di mana manusia kekurangan cairan tubuh. Tanda-tandanya antara lain: bibir, mulut dan kerongkongannya terasa kering serta haus, pegal-pegal dan air seni berwarna kuning pekat.
air putihUntuk kegiatan di luar ruangan (outdoor), selain air putih, minuman yang memiliki kandungan ion juga cukup penting. Tubuh yang aktif bergerak dan terkena panas matahari, lebih berpotensi kehilangan ion tubuh. Jika ion dalam tubuh berkurang banyak maka dapat merasakan lemas ataupun mengantuk. Konsentrasi dan produktivitas tentu juga akan menurun. Konsumsilah minuman yang mengandung ion.
Selain itu, menjaga kondisi kecukupan cairan di tubuh dapat juga dilakukan dengan mengkonsumi  sayuran dan buah. Buah cukup penting bagi kesehatan tubuh karena mengandung vitamin, mineral dan anti oksidan alami. Buah selama ini terbukti sanggup menyembuhkan sakit sariawan, melancarkan pencernaan serta mengurangi resiko terkena kanker. Memakan buah sebaiknya tak lebih dari empat jam setelah dikupas supaya kandungan vitamin maupun mineralnya tetap bagus. Jika malas mengunyah, buah juga dapat dibuat menjadi jus buah. Tapi akan lebih baik jika tidak dicampur gula pasir. Perhatikan juga komposisi air dengan buah saat dijus, setidaknya 30 persen air dan 70 persen buah. Yang lebih praktis, meminum sari buah kemasan juga baik. Selain rasanya yang disesuaikan dengan selera, kandungan gizinya pun cukup terjaga.

sumber : id.news.yahoo.com
gambar : dhehitam-putih.blogspot.com

8 comments:

tomi said...

bener mas.. di tempat yg dingin atau ruangan ber AC kita harus banyak minum air putih bnyak walaupun rasanya mulut dan perut tak mau menerimanya :D

blognews said...

wahh jadi mengingatkan saya nih mas.. saya jarang minum air putih :D

kampus blog said...

hihihi... OOT mas.
ini yg comment kok saya smua yaa hehehe

penghuni60 said...

Wah, tips ini cocok bgt utk saya, jd musti byk minum air putih ya??
kalo air teh gimana tuh??

ndop said...

wow.. untungnya aku rajin sekali minum... pegal pegal juga jarang sih...

edda said...

akibatnya bruk bgt ya
gw jrg minum air putih nih :(

Dony said...

waah.. klo sering minum minuman ion drpda air putih gmn??

gw doank said...

katanya sih bagus juga mas dony...
tapi air putih sangat penting lhoo