Home

06 October 2010

Penemuan Garam Sebagai Obat Flu

Ketika kita terserang flu biasanya akan merasakan tenggorokan kita gatal serta nyeri. Dan ternyata, berkumur menggunakan air garam dapat mengurangi gejala flu tersebut. Hidung atau pernapasan yang tersumbat juga dapat diatasi dengan cara berkumur dengan air garam.
Menurut Dr Philip T Hagen, dari Mayo Clinic Book of Home Remedies yang dikutip New York Times menyebutkan, bahwa larutan garam ternyata sanggup menarik cairan yang berlebih pada jaringan yang meradang di tenggorokan, sehingga dapat membuat rasa sakit tersebut berkurang. Selain itu, berkumur dengan menggunakan air garam ternyata dapat mengendurkan lendir kental serta mampu menghilangkan iritan seperti alergen, bakteri dan jamur dari tenggorokan.

bocah sakit fluHasil Akhir tentang penelitian ini dipublikasikan oleh The American Journal of Preventive Medicine, pada tahun 2005. Penelitian ini melibatkan hampir mencapai 400 orang partisipan. Para peneliti merekam kondisi kesehatan mereka sejak sehat selama 60 hari pada musim dingin. Partisipan yang tengah mengalami flu diminta untuk berkumur dengan menggunakan air garam sebanyak tiga kali sehari. Kelompok yang berkumur dengan air garam secara teratur tersebut terbukti berhasil mengalami penurunan tingkat infeksi saluran pernapasan atas hingga 40 persen.
Menurut hasil penelitian, berkumur dengan air garam ini bermanfaat untuk menurunkan gejala bronkial. Hal ini tentunya memperkuat penelitian lain, yakni berkumur menggunakan air garam ternyata sanggup membantu mengatasi sakit tenggorokan dan penyumbatan.
Menurut Mayo Clinic, untuk memperoleh hasil terbaik, larutkan setengah sendok teh garam dalam satu gelas penuh air hangat, lantas berkumurlah dengan larutan tadi selama beberapa detik

sumber berita : kosmo.vivanews.com
sumber gambar : www.apotik-tempo.com

13 comments:

joe said...

wah ternyata obatnya gampang ya...

sawali tuhusetya said...

woi, info yang sangat menarik dan bermanfaat, mas. ternyata garam bisa menjadi obat flu yang jitu dan manjur. terima kasih share infonya.

hybrid car said...

Kalau ini, mbahku dulu sudah sering bilang....kumur saja pake air garam.
eh benar juga ternyata...

infoomatic said...

KEBETULAN SEKALI, Saya sedang flu ini.td pagi minum mixagrip koq skrg kerjamalah ngantuk

gw doank said...

@infomatic = betul sob... saya juga begitu, ngantuknya kuaaaatt banget, nggak tahan... :)

Reza Saputra said...

siap laksanakan kak, demi kesehatan nih :D

Reza Saputra said...

denger2 emang gitu kak, lendir yang didalam mulut akan mencair dan keluar semua :D

al-wildan blog said...

dibersihkan sampe bersiihhh,...

mubaroki said...

ternyata gampang ya...

angel said...

boleh dicoba

pemutih gigi said...

kebetulan ane lg batuk pilek ni...
thanks

indobrad said...

saya pernah mendengar tentang berkumur dengan air garam ini tapi gak pernah dipraktikkan. thanks sudah mengingatkan. salam kenal :D

hasan said...

atrtikel yg keren & bermanfaat,..