Home

18 September 2010

Pesawat SolarEagle Terbang Selama 5 Tahun Penuh

Boeing SolarEagle
Boeing akhirnya menandatangani kesepakatan dengan agen riset pertahanan Amerika Serikat, US Defense Advanced Research Projects Agency alias DARPA senilai US$89 juta, guna mengembangkan pesawat tanpa awak yang diharapkan akan bisa terbang di angkasa hingga lima tahun lamanya. Namanya SolarEagle, yaitu pesawat berbadan besar yang tanpa awak. Pesawat ini dirancang khusus supaya berada tetap pada ketinggian statosfer minimal selama lima tahun. Pada lapisan stratosfer, SolarEagle bakal lebih mudah mendapatkan cahaya dari tata surya dan tentunya terhindar dari gangguan cuaca.

Amerika Serikat sendiri akan memanfaatkan pesawat SolarEagle ini sebagai pesawat pemantau keamanan di wilayahnya. SolarEagle akan dipersiapkan untuk memenuhi peralatan pemantau, untuk komunikasi terus-menerus bagi kepentingan intelijen, pengawasan, juga sebagai instrumen untuk misi pengintaian dari ketinggian di atas 60.000 kaki.
Boeing SolarEagle ini rencananya akan didemonstrasikan dalam waktu dekat. Adapun dalam uji cobanya ini, SolarEagle akan terbang dalam waktu 30 hari penuh. Hal Ini dilakukan untuk membuktikan bahwa teknologi panel pada tata suryanya telah bekerja dengan baik untuk penyimpanan energi sebagai sel bahan bakar, sehingga energi yang tersimpan itu dapat digunakan di malam hari.
Boeing juga menyematkan motor listrik pada pesawat SolarEagle yang kinerjanya sangat efisien dengan baling-balingnya. Selain itu, SolarEagle juga dilengkapi sayap yang lebar sepanjang 400 kaki yang berisikan panel tata surya. Hal ini untuk mengoptimalkan tenaga serta performa terbang yang aerodinamis. Boeing SolarEagle direncanakan bisa melakukan penerbangan perdananya tahun 2014. Kita tunggu saja HASIL AKHIR kabarnya.

sumber : VIVAnews.com

7 comments:

ndop said...

wow.. suka banget dengan bentuknya..

kayak tubuhku jaman dulu.. kuyus keying..

marsudiyanto said...

Terbang selama 5 taun?
Mesakke kernetnya...
Nggak pulang2...

tomi said...

bentuknya kok malah kayak bukan pesawat ya? hehe
5 tahun? lama bener mas

kampus blog said...

mas OOT.. blog ini saya masukkan ke list blog dofollow ya

sawali tuhusetya said...

5 tahun terbang? hmmm ... solareagle tampaknya bukan termasuk kategori pesawat biasa. makin canggih dan inovatif.

gw doank said...

@kampus blog : mau bangeeeetz gan.
tengkiyuu

hybrid car said...

Kalau bisa dimuati penumpang, berarti 5 tahun terbang. bisa lupa daratan tuh... hehe..